Monday 2 September 2019

CONTOH TUGAS RENCANA BISNIS


RENCANA BISNIS


JAHE INSTAN “WEDANG SUPER”


Oleh :
Brina Yustikasari


2015



BAB I
PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang

Jahe instan merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari subsector pengolahan hasil pertanian. Selain mudah dalam pembuatannya, jahe instan juga memiliki peluang usaha yang cukup besar. Pergeseran pola hidup masyarakat yang cenderung memilih segala sesuatu bersifat instan, akan memberikan peluang tersendiri untuk pemasaran produk jahe instan juga sangat tinggi. Hal ini terbukti dari peningkatan kebutuhan bahan baku jahe dari perusahaan - perusahaan yang memproduksi jahe instan. Disamping itu, pembuatan jahe instan ini juga bertujuan memberikan nilai tambah terhadap produk pertanian terutama pada pelaku usaha budidaya jahe ketika harga jahe sedang jatuh.
Minuman kesehatan sebagai produk pangan mempunyai kandungan komponen aktif yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Produk ini baik untuk mengurangi efek negatif racun dan radikal bebas akibat proses metabolisme tubuh dari berbagai konsumen pangan yang masuk ke dalam tubuh.
Pada saat musim hujan tercipta hawa yang dingin, terkadang cukup mengganggu aktivitas yang tengah kita jalankan. Salah satu cara menghilangkan hawa dingin adalah dengan mengkonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Minuman jahe sebagai salah satu pilihan untuk menekan hawa dingin.  Dengan memberikan sentuhan kepraktisan dalam kemasan jahe, masyarakat tidak lagi mengupas dan memarut jahe, melainkan tinggal menyobek kemasan, mencampurkan serbuk jahe instan ke dalam air panas. Oleh sebab itu kami sangat tertarik untuk menggeluti bisnis ini.

1.2       Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah sebagai berikut:
·           Mendapatkan penghasilan dan keuntungan
·           Menerapkan kemampuan berwirausaha
·           Menciptakan lapangan pekerjaan


BAB II
ISI BUSINESS PLAN

2.1    Deskripsi Usulan Bisnis

2.1.1        Identifikasi Usaha
Dalam perencanaan usaha ini, kami akan membuat sebuah usaha Home Industri yang bergerak dibidang pangan. Produk kami berupa minuman serbuk jahe instan. Berikut identifikasi usaha kami.
Nama Perusahaan : Home Industri Citra Sabrina Food
Nama Produk       : Jahe Instan “Wedang Super”
Pemilik Usaha      : Brina Yustikasari
Alamat Usaha      : Kedawung Kulon Gg. 16 No. 156
Grati – Pasuruan
2.1.2        Prospek Usaha
Peluang pasar untuk produk berbahan dasar jahe ini sangatlah besar mengingat minuman jahe adalah salah satu minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai penghangat tubuh. Selain itu daya beli konsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menengah kebawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harga yang relatif terjangkau.

2.2     Perkiraan Lingkungan Bisnis
Dalam perencanaan pembuatan bisnis jahe instan, harus memperhatikan lingkungan bisnis karena lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan bisnis.
2.2.1        Lingkungan Ekonomi
Kondisi lingkungan ekonomi disekitar lokasi usaha sangat bervariasi, namun rata-rata kalangan menengah kebawah. Akan tetapi harga produk yang kami jual sangat terjangkau dan pangsa pasar kami tidak hanya disekitar lokasi usaha, jadi tidak menjadi suatu penghambat untuk menjual produk kami.


2.2.2        Lingkungan Industri
Bisnis yang kami jalankan bukanlah suatu usaha yang baru dan satu-satunya di Indonesia. Disekitar kami terdapat bisnis dengan penjualan produk yang sama dan lebih ternama, seperti:
·         CV. In Trafood yang menjadi pelopor minuman siap saji tradisional di Indonesia.
·         Wedang Jahe Anget Sari yang di produksi oleh PT. Forisa Nusa Persada, yang sudah terkenal di masyarakat luas.
·         Hommie Herbal yang juga merupakan home industry yang memproduksi minuman instan salah satunya jahe instan.

2.2.3        Lingkungan Global
Jahe adalah komoditas yang tidak tergantikan. Khasiatnya sebagai penghangat tubuh memiliki keunikkan  yang khas dan tidak dimiliki komoditas lain. Peluang pasar bagi jahe di Indonesia terbuka lebar di pasar dunia terutama di pasar Bangladesh, Malaysia, Singapura dan Jepang. Negara – Negara tersebut menerima ekspor jahe baik berupa jahe segar ataupun olahan dari Indonesia dalam jumlah yang besar. Untuk itu produk jahe instan kami sangat berpeluang untuk di ekspor ke luar negeri. Seperti halnya pesaing kami yaitu CV. In Trafood yang 20% dari total produksinya sudah di ekspor ke berbagai Negara di ASEAN serta Timur Tengah. Kami akan berusaha keras untuk mengembangkan produk kami hingga ke Manca Negara.
2.3      Rencana Manajemen
2.3.1        Struktur Organisasi
Industi tidak mempunyai stuktur organisasi yang baik, status yang ada hanyalah pemilik industri dan pekerja. Pemilik mempunyai tanggung jawab dan wewenang penuh terhadap industri. Tanggung jawab tersebut diwujudkan dalam pengawasan langsung terhadap pekerja selama proses produksi dan juga sekali waktu membantu proses produksi. Selain itu pemilik juga bertanggung jawab untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Sedangkan pekerja bertanggung jawab pada proses produksi serta melayani pembeli yang datang langsung ke areal produksi.

2.3.2        Proses Produksi
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan jahe instan adalah sebagai berikut:
·           Jahe 10 kg
·           Gula Pasir 20 kg
·           Air
Alat – alat yang digunakan:
·           Mesin penghancur/Blender
·           Baskom
·           Saringan
·           Panci
·           Wajan
·           Pengaduk
·           Kompor
·           Sendok
·           Plastik dan label (kemasan)
·           Timbangan
·           Cobek

Cara Kerja:
1.         Jahe dicuci dan dibuang bagian jahe yang busuk
2.         Jahe dihancurkan menggunakan blender dengan ditambahkan air sebanyak    liter
3.         Jahe diperas untuk diambil sarinya
4.         Perebusan filter jahe (cairan yang bening) dengan api yang sedang
5.         Penambahan gula pasir sambil dilakukan pengadukan
6.         Pengadukan dilakukan sampai menjadi Kristal
7.         Dihaluskan dengan cara ditumbuk menggunakan cobek
8.         Pengayakan serbuk jahe
9.         Pendinginan
10.     Pengemasan

2.3.3        Mengeloah Pegawai
Bisnis kami dibidang pengolahan makanan yang prosesnya lebih ke kegiatan rumah tangga, untuk itu para pegawai yang kami pekerjakan adalah ibu ibu disekitar tempat usaha kami. Kami tidak memberikan pelatihan-pelatihan khusus karena proses pembuatan produk kami yang tergolong mudah. Hanya saja saya lebih menekankan kepada mereka untuk selalu bisa menjaga ke higienisan produk.

2.4      Rencana Pemasaran
2.4.1        Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, kami harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing yaitu analisa SWOT
a.       Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dalam menjual produk ini ialah:
·         Dapat dibeli oleh segala kalangan
·         Bahan produk terjamin alami tanpa bahan kimia dan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi.
·         Pemilihan bahan baku adalah jahe yang berkualitas
b.      Weaknes (Kelemahan)
Kelemahan produk kami adalah sebagai berikut:
·         Produknya mudah ditiru mengingat mudahnya proses pembuatan
·         Modal usaha kecil
·         Belum menggunakan peralatan yang modern
c.       Oppurtinity (Peluang)
·         Jahe instan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh
·         Memberikan kepraktisan bagi konsumen
d.      Threat (Ancaman)
·         Harga produk competitor bersaing
·         Banyak terjual jahe instan dengan olahan bervariasi yang memiliki citra rasa yang unik.

2.4.2        Analisi 4P
Ø  Product
Brand              : Jahe Instan “Wedang Super”
Quality                        : Tanpa bahan pengawet
Packing           :Menggunakan plastik ukuran ¼ kg dikemas 120 gram per bungkus yang akan   ditempe label.
Produk jahe instan ini memiliki keistimewaan untuk mencegah dan mengatasi:
·           Batuk dan sakit tenggorokan
·           Perut kembung karena masuk angin
·           Meriang karena begadang atau kerja malam
·           Badan kedinginan karena cuaca
·           Dll.
Cara Seduh:
1 ½ sendok makan jahe instan diseduh dengan secangkir air hangat.
Ø   Price
Harga produk jahe instan per bungkusnya (1 bungkus berisi 120 gram) adalah Rp. 7.000,-
Analisa Ekonomi:
MODAL
Jahe                             10 kg  x  Rp. 15.000,-               =  Rp.  150.000,-
Gula Pasir                    20 kg  x  Rp.   16.000,-             =  Rp.  320.000,-
Kemasan plastic ¼ kg             500 bungkus                  =  Rp.   60.000,-
Pembuatan label                      500 buah                       =  Rp.   50.000,-
Tenaga kerja                3 orang  x  Rp. 50.000,-            =  Rp. 150.000,-
Bahan Bakar/LPG                                                         =  Rp.   40.000,-
                                                                                          Rp 770.000,-
PENJUALAN
Total Produksi minuman serbuk jahe instan/ hari       =  15 kg
Total Produk dalam kemasan/ hari @  120 gram        =  125 bungkus
Total Penjualan minuman serbuk jahe instan/ hari      = 125 bungkus x Rp 8.000,-
= Rp. 1.000.000,-
            Keuntungan per hari                           =  Rp.  1.000.000,-  -  Rp  770.000,-
                                                                        =  Rp.  230.000,-
            Keuntungan per bulan                         =  Rp  230.000,-  x  30
                                                                        =  Rp.  6.900.000,-
Ø   Promotion
a.              Personal Selling
Pemasaran awal produk ini melalui face to face dimana melalui mulut ke mulut, kemudian terus berkembang.
b.             Media Online
Kami juga memasarkan produk ini melalui jaringan internet baik melalui social media maupun blog yang tersedia.
Ø   Place
Kami tidak membuka toko atau kios. Akan tetapi kami memasok kepada distributor toko eceran dan warung sesuai pemesanan atau mereka datang langsung ke perusahaan kami.

2.4.3        Segmentasi Pasar
Dalam hal segmentasi pasar, Home Industri Citra Sabrina Food ini tidak spesifik dalam menentukan target pasar. Kami melayani siapapun yang ingin membeli produk kami.

BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
            Jahe instan “Wedang Super” adalah salah satu minuman tradisional yang memiliki banyak khasiat yang kami kemas dengan memberikan sentuhan kepraktisan. Produk ini kami jual dengan harga Rp. 8.000,- per bungkus dengan berat bersih 120 gram. Visi dan misi kami ialah ingin menjadikan jahe instan “Wedang Super” sebagai suatu minuman kesehatan yang digemari oleh masyarakat minimal di kota Pasuruan. Usaha kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan dengan omset yang tinggi. Namun wirausahawan harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baikdan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausahawan harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk agar konsumen terus berlanggan kepada kami.





  

No comments:

Post a Comment

Pengertian PPh Pasal 21 / 26

Pengertian PPh Pasal 21 / 26 PPh Pasal 21/26 ialah pajak penghasilan sehubungan dengan pekerjaan atau jasa yang dilakukan oleh wajib ...