Monday 11 September 2017

Membuat dan Menentukan Harga Produk

Lini produk adalah sekumpulan produk atau jasa yang saling berkaitan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut adalah bauran produknya.
Fase-fase siklus hidup produk meliputi :
fase pengenalan, di mana para pelanggan diinformasikan mengenai produk
fase pertumbuhan, di mana produk menjadi lebih popular dan meningkatkan pangsa pasarnya
fase kemapanan, di mana tingkat volume penjualan mulai stabil sebagai akibat dari munculnya persaingan.
fase penurunan, di mana volume penjualan berkurang sebagai akibat  dari adanya persaingan atau menurunnya permintaan para pelanggan.

Faktor-faktor utama yang memengaruhi besarnya pasar target sebuah produk meliput :
  • Tren-trendemografi,misalnya usia dan tingkat pendapatan
  • Geografi
  • Faktor-faktor ekonomi, misalnya perununan permintaan akan produk-produk yang dipandang tidak sehat.
  • Perubahan dalam nilai-nilai social, misalnya penurunan permintaan akan produk-produk yang dipandang tidak sehat.

Langkah-langkah utama yang terkait dengan penciptaan sebuah produk baru meliputi:
  1. Mengembangkan ide produk, sebagai respon atas perubahan dalam kebutuhan atau preferensi konsumen.
  2. Menilai kelayakan ide produk, di mana harapan keuntungan dan produk dibandingkan dengan biayanya.
  3. Mendesain produk dan mengujinya pada sebagian konsumen di pasar target.
  4. Mendistribusikan produk sehingga mudah didapat oleh pasar target, dan mempromosikan produk untuk memastikan bahwa konsumen telah mengetahui keberadaannya.
  5. Melakukan audit atas produk untuk mengetahui apakah produk tersebut perlu mengalami perubahan 
Faktor-faktor utama yang memengaruhi keputusan penentuan harga meliputi :
  • biaya produksi, sehingga harga yang dibebankan dapat menutup biaya-biaya yang terjadi.
  • Pasokan persediaan, sehingga harga dapat diturunkan untuk mengurangi kelebihan persediaan.
  • Harga pesaing, sehingga harga dapat dikenakan di bawah harga yang diberikan oleh pesaing untuk mendapatkan suatu keunggulan (penentuan harga penetrasi) atau di atas harga pesaing untuk member kesan mewah (penentuan harga prestise).

Selain menentukan harga untuk setiap produk, perusahaan harus melakukan keputusan-keputusan penentuan harga lainnya berikut ini :
  • Pemberian diskon, yang meliputi pengambilan keputusan mengenai apakah akan memberikan diskon kepada pelanggan-pelanggan tertentu.
  • Harga obral, yang terdiri atas keputusan mengenai apakah akan mengobral sejumlah produk kepada semua pelanggan secara berkala, dan berapa harga obral yang diberikan.
  • Persyaratan kredit, yang meliputi pengambilan keputusan mengenai apakah akan memberikan kredit kepada pelanggan-pelanggan besar yang membeli produk tersebut dalam jumlah besar dan persyaratan kredit yang akan diberikan.

No comments:

Post a Comment

Pengertian PPh Pasal 21 / 26

Pengertian PPh Pasal 21 / 26 PPh Pasal 21/26 ialah pajak penghasilan sehubungan dengan pekerjaan atau jasa yang dilakukan oleh wajib ...